Headlines News :
Home » » 20 Miliarder di Balik Percaturan Politik

20 Miliarder di Balik Percaturan Politik

Written By Nasrudin Cahya M on Tuesday, 9 September 2014 | 02:25



20 Miliarder di Balik Percaturan Politik
NEW YORK - Dunia politik dan bisnis memiliki hubungan yang rumit. Brookings Institute merilis daftar miliarder asal Amerika Serikat (AS) yang memiliki pengaruh di percaturan politik.

Pengaruh dari miliarder ini, didukung oleh peranya karena memiliki sumber dananya yang digunakan dalam kampanye, aktivitas dalam organisasi dan lembaga nonprofit, memiliki kantor untuk publik (sekretariat), pemilik media, juga sebagai pengambil kebijakan strategis.

Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (9/9/2014), berikut ini adalah daftar miliarder yang memiliki pengaruh cukup kuat di politik AS.

1. Charles dan David KochKoch bersaudara telah mendonasikan USD30 juta untuk mendukung calon legislatif Partai Demokrat. Nilai donasi ini dikabarkan akan meningkat menjadi USD290 miliar pada hari pemilihan. Mereka membiayai iklan Obama atas tindakan perawatan kesehatan.

2. Michael BloombergDia mendonasikan USD50 juta melawan NRA melalui Super PAC Independence USA. Dia juga mendirikan lembaga nonprofit Mayors Against Illegal Guns, Everytown for Gun Safety, dan Partnership for a New American Economy.

3. Tom SteyerSteyer fokus di isu climate change, dan berusaha mendapatkan perhatian publik.

4. Sheldon AdelsonAdelson menghabiskan USD93 juta untuk mengalahkan Presiden Barack Obama pada tahun 2012. Dan dia berjanji untuk menghabiskan dana dua kali lebih besar pada pemilu berikutnya.

5. George SorosSoros memberikan USD1 jura kepada Obama di 2012. Dia juga menjadi finance cochaor di "Ready for Hillay" super PAC.

6. Rupert MurdochDia adalah pemilik Wall Street Journal dan Fox News, dua media utama di AS. Bersama Bloomberg, dia juga mendorong dilakukan reformasi imigrasi.

7. Bill dan Melinda GatesBill & Melinda Gates Foundation sangat berperan dalam reformasi pendidikan. Dia juga mengalokasikan USD100.000 untuk mendukung pernikahan sesama jenis di Washington.

8. John dan Laura ArnoldArnolds telah memberikan dana sampai jutaan dolar AS kepada anggota parlemen untuk mengalihkan biaya pensiun kepada karyawan.

9. Penny PriztkerPendukung Presiden Obama ini menjabat sebagai US Secretary of Commerce.

10. Warren BuffetBuffett adalah pendukung fanatik Obama. Dia juga mendukung diberlakukannya pajak untuk orang-orang kaya di AS.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila dunia politik memiliki keterikatan dengan dunia bisnis. Hal itu tidak mengherankan, sebab dunia bisnis merupakan tempat perputaran uang, di mana uang merupakan kendaraan politik paling mujarab.

Biasanya partai politik memiliki rekanan bisnis yang menjadi aktor kuat di balik layar. Siapa sajakah? Berikut ini lanjutannya, seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (9/9/2014).

11. Peter ThielDia menyumbang USD2,6 miliar untuk menyukseskan Ron Paul pada 2012. Thiel dikenal sangat fokus kepada upah minimum regional (UMR)

12. Mark ZuckerbergDia fokus kepada reformasi imigrasi di AS. Melalui organisasi FWD.us, dia mendesak dilakukan reformasi di sekolah do Newark, New Jersey.

13. Jeff dan Mackenzie BezosJeff Bezos telah membeli Washington Post. Dia juga telah memberikan USD2,5 juta kepada referendum negara bagian Washington dengan tujuan mendukung pernikahan sesama jenis.

14. Pierre dan Pamela OmidyarOmidyars mengkritik pengawasan yang dilakukan AS. Lembaganya fokus mencermati transparansi pemerintah, hak memiliki properti, dan pembangunan ekonomi.

15. Art PopeDia adalah direktur budget North Carolina. Dia sangat berperan dalam ekonomi di negara bagian tersebut.

16. Paul SingerAnggota Partai Republik ini mendukung pernikahan sesama jenis. Dia pun membentuk komite bernama American Unity yang menyumbang USD2 juta agar legislator juga mendukung pernikahan sesama jenis ini.

17. Peter G PetersonPeterson berjuang untuk mendesak dilakukan pengurangan utang pemerintah AS. Untuk itu, dia pun mendirikan lembaga Fix the Debt and the Comitte for a Responsible Federal Budget.

18. Marc AndreessenDia adalah pendukung kanidat presiden Mitt Romney pada 2012 lalu. Dia fokus dalam jurnalisme dalam bentuk online.

19. Donald TrumpMiliarder ini rutin menulis seputar isu politik dan selalu berhasil menggiring opini publik

20. Alice WaltonSalah satu pemilik Wal Mart ini adalah salah satu pendukung Hillary Clinton.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Google+ Badge

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kosovo-daily-news - All Rights Reserved griyagadget.com
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger